Penggunaan Too dan Enough Penjelasan Singkat!

Pengguanaan too dan enough. Hmm….hh sebelumnya anda pasti pernah membaca, mendengar, atau bahkan menggunakan kata too dan enough dalam bahasa inggris. Namun, apakah anda telah mengetahui fungsi dan penggunaannya? Mengingat kedua kata ini memiliki arti yang hampir mirip atau bahkan sama. Terkadang para pelajar masih sering terkecoh dengan penggunaan too dan enough, bahkan para guru pun masih sering lupa dan terkecoh. Mereka masih sering menggunakan too dan enough dengan terbalik. Lalu apa sih yang sebenarnya menjadi persoalan sehingga pengguna nya masih sering kebingungan? Oke langsung saja kita ke TeKaPe…..  ^_^ Mari lihat penjelasan berikut ini!
A. Bentuk
Too adalah sebuah kata keterangan yang memiliki arti negatif. Padanan arti untuk ‘too’ adalah ‘terlalu’. Untuk pola pada penggunaan too dapat kita lihat pada tabel dibawah ini:
S + verb to be + too + Adjective (for noun) + infinitive
Adapun contoh dari beberapa penggunaan ‘too’ adalah sebagai berikut:
This soup is very hot: I can’t drink it. Kalimat ini dapat kita rubah dengan menggunakan ‘too’ menjadi:
This soup is too hot (for me) to drink.
Masih kurang jelas? Oke kita berikan 1 contoh lagi:
The letters are very small: I can’t read them.
the letters are too small (for me) to read.
Yang perlu diperhatikan juga adalah penggunaan too ini ada juga yang memilik arti *juga. Ini akan sangat nampak perbedaan nya! Silahkan lanjut untuk lebih jelasnya! Lalu bagaimana dengan penggunaan enough?
Too dan enough, dua-duanya juga adalah merupakan kata keterangan, namun pada enough memiliki arti positif. Padanan arti untuk enough adalah “cukup”. Untuk dapat menggunakan kalimat ini dengan baik dan benar dapat kita gunakan dengan pola sebagai berikut:
S + Verb to be + enough + infinitive
Bagaimana dengan perbandingan 2 pola: antara too dan enough? Oke kita lanjut ke contoh penggunaan enough pada kalimat bahasa inggris, berikut ini:

The fruit is ripe: we can pick it
The fruit is ripe enough to pick

You are quite clever: you understand perfectly
You are clever enough to understand perfectly

Bagaimana? Apakah kalian sudah cukup jelas dengan penjelasan singkat diatas? Yang perlu diingat adalah penggunaan too dan enough nya! Jika too untuk negatif, namun enough digunakan untuk positif. Eits…. masih ada yang kurang? Tenang kita masih akan berikan penjelasan tambahan dengan menggunakan dialog/conversation. Mari kita simak contoh conversation dalam bahasa inggris yang menggunakan too dan enough berikut ini?

Anton: This picture is very beautiful. I like it very much. How much does it cost?
Andi: Rp. 350.000
Anton: That’s too much money for me. I can’t buy it.
Andi: That’s another one that is very beautiful *too. And the price isn’t too high. It’s only Rp. 100.000
Anton: Yes, the price is low enough. I could buy it very easily
Andi: Is it large enough for your room?
Anton: No, it is not. It’s very small
Andi: Actually it’s too small. You shouldn’t buy it.
*too yang memiliki arti *juga‘  = Ini memiliki penggunaan yang sangat kontras dengan too dan enough yang memiliki arti ‘terlalu’ dan cukup. Nah untuk penggunaan lebih terperinci lagi akan kita bahas di artikel selanjutnya ya. ^_^
Dari dialog diatas kita dapat memastikan penggunaan too dan enough dengan lebih jelas. Apakah dia digunakan untuk positif dan negatif. Demikianlah penjelasan singkat yang dapat kami berikan, semoga menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda. Keep reading ya. ^_^
Jika ingin latihan lanjut kesini >>>
Sumber : http://belajardasarbahasainggris.com/2014/12/03/penggunaan-too-dan-enough-singkat/

No comments:

Post a Comment